Blog Pembelajaran Computer dan Jaringan bagi siswa-siswa SMK Muhammadiyah Purwodadi Purworejo Jurusan TKJ

SMK MUH PWDfound result for your search here:

Perbedaan KBps dan Kbps

Sering kita nemuin orang yang salah kaprah tentang Kbps dan KBps (perhatikan huruf B-nya ada yang kecil dan ada yang besar).
Biasanya sih terjadi ketika meliat iklan inet, lalu membeli, terus setelah dicoba eehhh ternyata hasilnya gak sesuai dengan yang diharapkan. Sebenernya bukan gak sesuai, cuman kita salah kaprah aja. huruf tersebut beda arti.


Gini penjelasannya:
B = byte
b = bit
KBps (Kilobyte per second)
Kbps (Kilobit per second)
Pengucapannya memang hampir-hampir mirip, tapi berbeda nilainya,
1 byte = 8 bit
Jadi jika seandainya anda ngeliat iklan inet dengan kecepatan 384 Kbps maka download real-nya adalah 384/8 = 48 KBps.

Beberapa yang umum ada di iklan


128 Kbps: 128/8= 16 KBps
256 Kbps: 256/8= 32 KBps
384 Kbps: 384/8= 48 KBps
512 Kbps: 512/8= 64 KBps
1 Mbps : 1024/8= 128 KBps
Terus kalo ada tambahan embel-embel up to, nah itu artinya kecepatan real-nya paling cepet segitu atau bisa jadi dibawah itu. Misal, up to 384 Kbps, artinya paling maksimal adalah 48 KBps. Beda kalo ada embel-embel dedicated, misal 1 Mbps dedicated itu artinya kecepatannya wajib dan harus 128 KBps, kalo kurang silahken klompain ke ISP-nya, memang sih ada banyak pengaruh laen kenapa gak dapet full walau udah ada embel dedicated.

Kalo ndak ada tulisannya sama sekali? Nah silahken tanya sama ISP anda, apakah up to atau dedicated.
Ingat aja ntar kalo nemu kaya gitu tinggal liatin huruf-nya aja, kalo kecil bit kalo gede byte. Biasanya nih, kalo iklan-iklan hampir semuanya pake B yang kecil, biar keliatan cepet dan sangar, tapi pada kenyataannya ntu nilai mesti di bagi dengan 8 dolo biar jadi byte.
Kalo pengen tau kecepatan inet, bukan diliat dari icon komputer yang idup-nyala deket jam itu bro, itu mah kecepatan koneksi LAN-nya, klo mau liat bisa cek di brosur ISP-nya, atau kalo mau realnya saat dipake berapa bisa cek di speedtest.net atau situs-situs penyedia lainnya.

SMK Muhammadiyah Purwodadi Purworejo - By Nano Proxy

Nanoproxy Mail