Blog Pembelajaran Computer dan Jaringan bagi siswa-siswa SMK Muhammadiyah Purwodadi Purworejo Jurusan TKJ

SMK MUH PWDfound result for your search here:

Mengenal Hardware Computer

Hardware adalah sekumpulan komponen yang di rakit untuk menunjang sebuah computer, secara umum, hardware dapat dikelompokan menjadi 4 bagian, yaitu alat input (input device), alat proses (central processing unit/CPU), media penyimpanan (storagedevices), dan alat output (output devices.


A.    Processor

Processor adalah bagian terpenting pada system computer. Processor berfungsi sebagai system pusat yang mengontrol dan memproses kerja computer secara keseluruhan. Misalnya, kita ingin memutar film menggunakan program JetAudio. Setelah meng-klik icon JetAudio mouse akan di memberikan sinyal ke motherboard. Melalui jalur data khusus, sinyal tersebut di teruskan oleh bus (jalur data) ke RAM (memori utama), kemudian di teruskan lagi ke processor untuk di olah. Setelah itu, processor akan mengirimkan sinyal tersebut ke komponen lain yang di perlukan untuk menjalankan program JetAudio, seperti hard disk dan memori. Berikutnya , program di jalankandan di tampilkan pada layar monitor.
                Perusahaan besar yang terus – terus berlomba untuk menjadi tercepat dalam merespon perkembangan teknologi processor adalah AMD dan Intel.

B.    Motherboard (mainboard)

Motherboard adalah papan PCB utama atau papan system yang di gunakan sebagai tempat pemasangan komponen-komponen hardware dan peripheral yang kita gunakan. Beberapa komponen yang di pasang di main board antaralain processor, card, memori, kabel CD-ROM, dan bios.

C.     Memori

Memori atau sering disebut RAM ( Random acces Memory ) adalah perangkat yang sangat di butuhkan oleh computer. RAM berfungsi untuk menyimpan data dan instriksi yang di butuhkan dalam menyelesaikan sebuah perintah (task). Perinta yang tersedia pada RAM disiapkan untuk bisa di akses oleh processor atau CPU (Central Processing Unit). Ketika CPU membuka sebuah aplikasi dari hard disk , processor akan me-load nya ke memori (RAM). Dengan demikian , aplikasi akan bekerja lebih cepat karena processor tidak harus mengakses ke hard disk.

D.    Hard disk

Hard disk (HDD) adalah media penyimpanan yang memilki fungsi yang cukup penting dalam computer dan di desain untuk menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Semua data yang ada di computer di simpan di dalam hard disk, mulai dari system operasi, dokumen, gambar, lagu, dan video. Hard disk dapat menyimpan data secara permanen, artinya data akan tetap tersimpan selama hard disk tersebut tidak rusak.

E.     Optical drive

Optical drive adalah media penyimpanan data yang berfungsi untuk membaca ataumenulis data pada keeping CD/DVD. Optical drive yang hanya bisa membaca data pada keeping CD/DVD disebut dengan CD-ROM atau DVD-ROM. Optical drive yang bisa membaca dan menulis data pada keeping CD/DVD disebut dengan CD-RW atau DVD-RW.
Optical drive memilki beberapa tipe koneksi, antara lain IDE, SATA, dan USB (untuk optical drive eksternal).
Agar optical drive bisa di gunakan untuk membakar CD/DVD (Burning), kita bisa menggunakan tools, seperti Nero Burning atau DVD Burner. Jika menggunakan system operasi windows, kita dapat membakar CD tanpa melalui tools tambahan, karena seri windows XP dan sesudahnya men-suport kebutuhan ini.

F.      Casing dan Power Suply

Casing merupakan wadah komponen dan peiferal computer yang berfungsi untuk melindungi dari gangguan luar seperti debu. Computer terdiri dari beberapa perangkat yang saling berhubungan. Ada perangkat yang di letakan di dalam casing dan ada perangkat yang menempel di casing. Pemilihan casing yang benar akan mempermudah kita dalam menggunakan computer. Misalnya, jika kita port tersebut terletak di bagian depan casing. Port yang tersedia di bagian belakang tentu akan merepotkan karena kita harus memutar posisi casing casing terlebih dahulu untuk mehubungkan device ke port tersebut,Kan Repot!
                Casing yang bagus biasanya di lengkapi dengan perangkat yang di gunakan untuk memonitor suhu di dalam casing, seperti kipas dan power supply. Umumnya, semakin mahal harga casing, semakin baik pula system yang di tawarkan.

G.    Monitor /LCD Display

Monitor adalah perangkat yang menghasilkan gambar output hasil proses kerja CPU. Monitor terdiri dari 2 tipe, yaitu CRT Dan LCD , monitor CRT lebih murah daripada Monitor LCD, tetapi monitor ini memilki kelemahan, yaitu boros daya listrik, berukuran besar, dan radiasi yang di pancarkan lebih besar daripada monitor LCD.
                Resolusi yang di hasilkan oleh monitor menunjukan padatnya piksel yang di milki oleh monitor tersebut. Semakin banyak piksel (many dot piksel), gambar yang di hasilkan semakin taham. Saat ini, resolusi terendah yang dapat di hasilkan monitor adalah 1.024x764 piksel. Dengan menggunakan kartu grafis yang bagus, monitor dapat menghasilkan resolusi 1.289x1.024 piksel, bahkan sampai 1,600x1.200 piksel.
                Berikut adalah beberapa informasi yang di peroleh dari sebuah monitor.
1.       Interlacing, yaitu teknik yang di gunakan untuk menghasilkan resolusi yang lebih besar.
2.       Dot pitch, yaitu jumlah ruang antar piksel. Semakin kecil jumlah ruang antar piksel, gambar dan warna yang di hasilkan oleh moitor semakin tajam.
3.       Badwith, yaitu frekuensi maksimal yang dapat di gunakan oleh monitor. Semakin tinggi badwith yang di gunakan , kualitas gambar dan warna yang di hasilkan monitor semakin baik.
4.       Convergence, Yaitu kejernihan dan ketajaman setiap piksel pada monitor.
5.       Refresh rate, yaitu proses refresh padamonitor per satuan detik, nilai idealnya adalah 72 Hz.
Selain CRT dan LCD, teknologi yang di gunakan untuk membuat monitor adalah LED. Keunggulan monitor yang menggunakan LED yaitu daya yang di butuhkan lebih kecil tetapi hasilnya sangat maksimal. Namun , teknologi ini belum banyak di gunakan untuk membuat monitor computer , karena harganya masih sangat mahal dan ukuranya sangat besar.
Tips : saat akan menggunakan monitor, perhatikan kabel koneksi monitor dan VGA. Jangan  sampai salah pilih. Misalnya anda menggunakan kabel tipe DVI, Tetapi VGA card hanya memilki port jenis VGA lama.
H.    VGA

VGA (video graphigh Array) adalah device yang berfungsi untuk menampilkan gambar hasil CPU pada monitor. Ada dua tipe VGA yang bisa di gunakan, yaitu VGA intergrated (onboard) dan VGA card (kartu grafis)
1.       VGA Onboard (Terinterrasi)
VGA onboard adalah VGA card yang sudah di pasang pada motherboard. Tidak semua motherboard memilki fasilitas ini. Kualitas VGA onboard tidak sebaik VGA card, tetapi cukup baik di gunakan untuk menjalankan aplikasi perkantoran, bahkan juga untuk bermain game yang tidak terlalu berat.
        VGA onboard mengurangi jumlah memory utama. Misalnya kita memilki memori 1 GB dan menggunakan VGA onboard 256 MB, maka jumlah memori yang di gunakan system operasi adalah 1GB -256MB. Kecuali kita menggunakan motherboard autosharing, sehingga dapat membagi penggunaan memori system dan VGA card.
2.       VGA Card (Kartu Grafis) 


        Dengan menggunakan VGA card, pemrosesan grafis ke monitor menjadi lebih cepat. VGA card tersedia dalam beberapa jenis, yanitu VGA PCI, VGA AGP, dan VGA PCI Express. Saat akan membeli VGA Card, pastikan soket (slot) pada motherboard yang kita gunakan sesuai dengan jenis VGA card yang akan di pasang.

No comments:

Post a Comment

Nanoproxy Mail