Blog Pembelajaran Computer dan Jaringan bagi siswa-siswa SMK Muhammadiyah Purwodadi Purworejo Jurusan TKJ

SMK MUH PWDfound result for your search here:

Cara memperbaiki Printer sendiri

Cara mengatasi Printer ga bisa nge-print

Kejadian ini sering dikeluhkan oleh teman-teman saya dimana printer yang sedang dipake tiba-tiba seperti hang ga bisa nge-print. Saat dilihat pada jendela print queue, terlihat antrian dokumen yang hendak di-print tetapi tidak direspon oleh printer. Solusi yang paling simple adalah dengan me-restart komputer, tetapi sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi printer yang macet ketika nge-print yaitu sebagai berikut:

1. Menghapus  dokumen secara manual
Cara yang pertama adalah mencoba menghapus secara manual antrian dokumen pada jendela print queue tersebut. Bagi anda yang belum tau cara memunculkannya cukup double klik icon printer di bawah taskbar atau klik start, klik printer and faxes, double klik pada icon printer yang dikehendaki.

printer ga bisa ngeprint
Pada jendela print queue terdapat beberapa kolom yaitu:
  • DokumenName : yang merupakan nama dokumen yang kita cetak.
  • Status : status dokumen pada antrian yaitu spooling, paused atau printing.
  • Owner : user name orang yang mencetak dokumen
  • Pages : menampilkan jumlah halaman yang sudah dicetak dan jumlah keseluruhan halaman.
  • Size : ukuran dokumen dalam kilobytes
  • Submitted : menampilakan waktu pada saat dokumen dikirim ke printer.
Untuk menghapus dokumen dari daftar antrian cukup klik kanan dokumen tersebut dan pilih cancel.

2. Menghapus file di folder C:\WINDOWS\system32\spool\PRINTERS
Apabila cara yang pertama tidak berhasil, maka kita harus menghapus dokumen tersebut dari folder spool yang ada di folder Windows\System32. Untuk melakukan hal ini tentu saja account yang kita pakai harus memiliki previllage sebagai Administrator. Berikut cara menghapus file-file tersebut.
  1. Klik Start, klik Control Panel dan pilih Administrative tools, klik Service
  2. Cari “service” yang namanya Print Spooler kemudian klik kanan dan pilih Stop. Jangan ditutup dulu window Service


    printer spooler
  3. Buka folder C:\WINDOWS\system32\spool\PRINTERS
  4. Hapus semua file yang ada di folder PRINTERS tersebut.
  5. Kembali ke jendela Windows Services, klik kanan pada Print Spooler dan pilih Start
Setelah file-file di folder C:\WINDOWS\system32\spool\PRINTERS dihapus dan service Print Spooler aktif kita bisa memulai lagi mencetak dokumen.

3. Close Session
Untuk printer yang dipake secara rame-rame (sharing), kadangkala terjadi kasus dimana terdapat user yang tidak bisa mengirim dokumet ke printer sharing tersebut sementara user yang lain tidak bermasalah. Biasanya kalau kita lihat ke jendela Printer and Faxes maka status printer tersebut adalah unable to connet. Untuk mengatasi hal ini kita bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka jendela Computer Management. Klik kanan icon my computer, klik manage.
  2. Expand System Tools, kemudian expand Shared Folder, da klik Sessions.
  3. Pada jendela sebelah kanan terdapat daftar user yang terhubung ke komputer kita.
  4. Cara yang paling mudah blok aja semua user lalu pilih close session.


    printer macer
  5. Kemudian coba lagi user yang tadi untuk melihat status printer pada jendela Printer and Faxes, kalau statusnya sudah ready maka printer sharing tersebut bisa dipake untuk ngeprint lagi.
Demikianlah cara yang bisa kita lakukan apabila terdapat printer yang tidak bisa ngeprint. Cara tersebut biasa saya pakai dan sejauh ini berhasil.
catatanteknis

Perbedaan Tinta Dye dan Tinta Pigment pada Printer InkJet

Printer Inkjet merupakan printer yang menggunakan tinta untuk mencetak dokumen atau gambar yang kita inginkan. Pada printer Ink Jet ini terdapat 2 jenis tinta yang digunakan, yaitu tinta jenis pigment dan tinta jenis dye. Beda jenis tinta tentu beda sifat dan kualitas cetak yang dihasilkan. Berikut perbedaan antara tinta pigment dengan tinta dye yang perlu kita ketahui:

1. Tinta Jenis Dye
Tinta jenis dye merupakan tinta yang banyak di gunakan pada standard printer inkjet yang beredar di pasaran dan merupakan tinta yang digunakan sehari-hari untuk keperluan cetak dokumen, gambar maupun foto.

Tinta jenis dye memiliki sifat sebagai berikut :


  • hasil cetakan warna yang sempurna.
  • mudah larut dengan air / non water resist.
  • kurang tahan pada perubahan cuaca atau ketika disimpan di luar ruangan.
  • waktu pengeringan tinta pada media cetak lebih lama di bandingkan dengan tinta pigment.
  • tinta hitam jenis dye lebih baik digunakan untuk mencetak teks.
2. Tinta Jenis Pigment
Tinta pigment adalah tinta yang warnanya berasal dari pewarna pigment/biasanya berupa bubuk, dan tidak larut dalam air. Nama campurannya dalam bahasa Inggris disebut sebagai suspension. Karena pewarna pigment berupa bubuk, partikel pewarna ini tidak ikut merembes masuk ke serat kertas, tetapi tinggal di permukaan dan menjadi lapisan pewarna yang lebih tahan luntur dan tahan cahaya.

Tinta jenis pigment memiliki sifat sebagai berikut :
  • hasil cetakan warna tidak sebagus tinta dye.
  • tidak cepat luntur / lebih tahan terhadap air .
  • tidak cepat memudar apabila terkena matahari, bahkan bisa bertahan beberapa tahun apabila tidak terkena sinar matahari.
  • waktu pengeringan tinta pada media cetak lebih cepat dibandingkan dengan tinta dye.
  • warna dan partikel tinta lebih solid pada cetakan kertas.
  • tinta hitam pigment sering dipakai untuk mencetak aplikasi grafis
Tinta jenis pigment biasanya digunakan untuk keperluan-keperluan bisnis misalnya pada percetakan digital printing. Printer yang menggunakan tinta pigment minimal harus cetak full color 1 kali seminggu supaya head printer tetap awet.

Demikianlah beberapa perbedaan antara tinta jenis dye dengan tinta jenis pigment yang merupakan  jenis tinta yang dipakai pada printer inkjet.

(dikutip dari berbagai sumber)

Service Printer Canon IP1200, IP1300, IP1600, IP1700, IP1880, IP1980, MP145, MP150, MP160 kalau print kertas tidak bisa masuk/paper jam

Pada Printer Canon IP1200, IP1300, IP1600, IP1700, IP1880, IP1980, MP145, MP150, MP160, sering sekali mengalami rusak tidak bisa narik kertas atau kertas masuk tapi miring atau kertas langsung masuk banyak pada waktu ngeprint.

Jika anda mengalami hal ini yaitu Printer Canon IP1200, IP1300, IP1600, IP1700, IP1880, IP1980, MP145, MP150, MP160 mengalami rusak tidak bisa narik kertas atau kertas masuk tapi miring atau kertas langsung masuk banyak pada waktu ngeprint, anda tidak usah khawatir, karena printer anda bisa diservis dengan mudah. Tapi harus mau membongkar memasang printer.

Printer yang rusak dengan ciri di atas mengalami patah as pada roll karet penarik kertas. Karena AS penarik kertas patah, maka printer menarik kertasnya menjadi tidak sempurna atau miring atau kertas masuk semua atau bahkan tidak mau menarik kertas. AS tersebut terbuat dari plastik dan rawan patah. Bagian ini bisa anda temukan sebagaimana gambar di bawah ini :



Untuk membongkar Printer tersebut, lepaskan casing / body plastic.
Perhatikan baut/skrup yang mengunci casing, kemungkinan ada yang tetutup body lain (tersembunyi) terutama yg berseri MP.
Perhatikan juga klemnya yang tebuat dari plastic, jika ada congkel perlahan-lahan dengan Obeng. Hati-hati jangan sampai patah.
Sesudah casing/body plastic dilepas akan terlihat karet penarik kertas beserta plastiknya.








AS yang patah ini bisa anda ganti dengan sekrup yang sesuai dengan AS tersebut, kemudian kepala sekrupnya dipotong dengan tang potong. Atau anda mungkin punya kreasi lain terserah anda, yang penting bisa menggantikan fungsi sebagai AS seperti pada aslinya, tapi sarannya tetap gunakan yang dari besi agar lebih kuat.

ekohasan.blogspot.com

Servis Epson C90, T10, T11, T20 Catrdige Tidak Terdeteksi

Berikut ini saya akan mencoba berbagi mengenai printer epson Epson C90, T10, T11, T20, dan mungkin jenis TX yang tidak mendeteksi catridge. Cirinya walaupun printer epson sudah direset, tapi tetep saja lampu merah menyala terus. dan itu menandakan bahwa Catridge tidak terdeteksi.


Memang ada beberapa kemungkinan, Epson Catrdige Tidak Terdeteksi :

1. Catridge tidak pas terpasang di rumah catridge, caranya Lepas catridge dan pasang kembali

2. Pin catridge kotor. caranya : coba bersihkan dengan penghapus pensil di bagian yg saya kasih panah ini. Kalau diperlukan kerik aja dg menggunakan cutter. Tapi ngeriknya tipis aja...



3. catridge Epson memang rusak, berarti harus diganti

4. Board Printer Epson rusak. Lha tapi kalo boardnya yang rusak caranya gimana yaa....?

Berikut Cara Servis Epson C90, T10, T11, T20 Catrdige Tidak Terdeteksi :

1. Bongkar printer dan ambil boardnya. Cara menbongkar printer tidak akan saya ulas disini, Anda dapat membacanya di posting ini

2. Perhatikan gambar berikut ini, dibagian yg saya lingkari itu adalah "fuse atau sekring " kecil. simbolnya F, dan itulah penyebab kenapa catridge epson tidak terdeksi walaupun sudah diganti dengan catridge yang baru. jadi sekringnya putus. Anda dapat mengeceknya dengan menggunakan Multitester dengan OHMmeternya, kalo nggak menunjuk angka nol berarti sekring putus.


3. Ganti sekring yg putus itu dengan sekring yang masih OK anda dapat mencarinya di board komputer yang rusak. Atau kalo anda susah mencari, diakali aja dengan menggantinya pake kabel satu serabut saja (langsung dihubungkan / di jumper ). Tapi cara ini beresiko kalo terjadi konslet ulang.

4. Pasang kembali boardnya dan silahkan dicoba.

Kerusakan catridge epson tidak terdeteksi dengan ciri lampu merah menyala terus ini disebabkan oleh :
1. Konsletnya rumah catridge karena tinta yang bocor.
2. Kotoran dan debu yang lembab.
3. Faktor lainnya......

ekohasan.blogspot.com

Cara Reset Printer Canon IP 1980

Printer canon IP1980 perlu direset bila terjadi :

1. Blink 4x orange 1x green Green orange berkedip bergantian selama 7x (Ink Absorber Full),
3. Orange 8x ink tank full

Berikut langkah-langkah Reset IP1980 :

    • Cabut kabel power listrik
    • Tekan power (di printer)
    • Colokan power listrik (lampu akan berwarna hijau)
    • Sambil menekan power tekan tombol resume (lampu berubah orange)
    • Lepas keduanya (printer akan mati)
    • Tekan tombol power lagi dan langsung lepaskan.(lampu akan berwarna hijau) (jangan mencabut power listrik)
3. Jalankan General Service Tool. Jika belum punya, download di sini.

4. Cabut power listrik, colokan kembali dan nyalakan (printer initial/tunggu sampai lampu tdk berkedip. Selesai

Cara menjalankan General Service Tool




  1. Exctrak file yang anda download
  2. Resolusi Windows harus 1024x768
  3. Jalankan file "GeneralTool.exe"
  4. Pilih USB Port
  5. Centang Cleaning dan Eeprom Clear
  6. Klik Main
  7. Klik Platen
  8. Selesai Quit
  9. Matikan printer dengan menekan power.
Selesai , kemudian Anda tinggal mencobanya dengan mencabut kabel power printer dan memasangnya kembali, kemudian nyalakan printer anda......

Selamat mencoba ..................

Cara Merawat Printer

Ada pepatah mengatakan "Lebih baik mencegah dari pada memperbaiki !!"
Pepatah ini sangat perlu di lakukan, karena apabila head printer anda rusak , maka biaya untuk memperbaiki printer, hampir sama dengan anda membeli printer baru.
Jadi untuk itu kita harus bisa merawat printer kita dengan benar, Merawat printer ternyata caranya mudah sekali, hanya di butuhkan beberapa menit tiap minggu nya, maka printer anda akan terhindar dari masalah-masalah kerusakan printer.

Untuk menghindari dari kerusakan kerusakan printer :

1. Pakai Printer secara teratur dan berkala

Permasalahan yang paling sering kita hadapi adalah kwalitas cetak yang buruk, ada garis putih yang melintang , warna yang hilang atau tinta tidak keluar sama sekali.
Dengan pemakaian Printer yang teratur, maka kita tetap menjaga agar tinta mengalir dan membasahi permukaan nozzle.
Apabila kita jarang memakai printer, usahakan minimal tiap 1 minggu sekali kita melakukan test print.
Dengan demikian dapat mencegah agar tinta tidak kering pada permukaan nozzle.
Jika anda tidak melakukan ini, maka head printer anda akan lebih cepat buntu, dan ini berlaku untuk semua merk inkjet printer.

Tips : Anda bisa letakkan catatan kecil di depan monitor anda untuk mengingatkan agar selalu melakukan pencetakan setiap minggu secara rutin, baik untuk warna hitam maupun warna yang lain.
misalnya : lakukan pencetakan halaman web yang kaya warna atau foto ukuran kecil yang kaya warna.
Cara ini lebih efisien dari pada anda melakukan head cleaning pada printer anda.


2. Mematikan (Shut Down) Printer secara benar

Jangan lupa untuk mematikan printer anda jika tidak di pakai, cara ini juga dapat menghindari ke-buntuan nozzle pada head anda.

Penting : matikan Printer dengan on/off button pada printer anda, jangan mematikan dengan cara mencabut kabel printer anda.
Karena bila anda mematikan dengan on/off button, akan mengaktifkan mekanik capping yang akan membantu untuk mencegah nozzle mengering.


3. Jangan menggunakan kertas yang kotor atau berdebu

Jika Anda mencetak dengan menggunakan kertas yang berdebu, maka mekanik penggerak kertas atau roller paper akan lebih cepat kotor.
Jika ini terjadi maka roller paper anda akan lebih cepat aus/rusak, efeknya adalah printer tidak dapat menarik kertas.
Bagaimana bila roller paper anda kotor ?
Anda dapat bersihkan dengan Dura klin, caranya : Teteskan Dura klin pada kertas HVS polos, kemudian print halaman kosong pada kertas tersebut, lakukan 4-5 kali, atau gunakan tombol tray pada printer, untuk menarik kertas keluar.

Penting : Jangan pakai Vacuum Cleaner untuk membersihkan printer, dapat mengakibatkan short/korsleting dan terbakar pada board di dalam printer.
Tips : Jika anda tinggal di tempat yang berdebu, pakailah cover printer agar printer anda lebih terhindar dari debu, cover dapat berupa plastik atau kain.

source : http://www.duraklin.com/ts_maintain_i.php

Kenapa Head Printer bisa buntu ?

Jika hasil cetak printer anda putus - putus, atau bahkan tidak keluar sama sekali, maka kemungkinan besar head printer anda buntu.

Kenapa Head Printer bisa buntu ? Berikut ini penyebabnya :

* Printer jarang di pakai / jarang di gunakan.
* Jarang sekali melakukan maintain ( misalnya print head cleaning ).
* Sering berganti ganti jenis dan merk tinta.
* Terlambat untuk mengisi ulang tinta, sehingga terjadi overheat / kepanasan.

Maka printer harus dirawat dengan baik.

Secara technical atau detailnya kita bisa ambil contoh merk epson,
Printer epson mempunyai resolusi printing yang tinggi , satuan resolusi ini di sebut DPI ( dot per inch ), artinya head printer epson di design sedemikian rupa sehingga nozzle pada head lebih kecil daripada head printer merk lain.
Ukuran lubang pada nozzle ini jauh lebih kecil dari pada diameter rambut manusia, bisa di bayangkan, berapakah diameter nozzle ini ?

Sedemikian kecilnya, maka kemungkinan head ini bisa buntu besar sekali.

ekohasan.blogspot.com

Servis Printer HP 3535, 3420, 3920, D1360, 2466 Catridge Head Bergerak Kekanan Secara Keras

OK langsung saja yaa... berikut indikasi permasalahannya ....:

1. Head Catrid bergerak cepat dan keras sampai kadang terdengar seperti nabrak-nabrak casing printer. "glodak ,,, glodak ,....glodak ...."

2. Head Catrid tidak mau bergerak hanya ditengah saja atau kadang hanya dipinggir kanan saja.

3. Head catrid bolak balik ke kanan ke kiri dengan suara keras tapi nggak mau ngeprint.

Jika anda mengalami salah satu kejadian di atas, yang harus anda lakukan adalah :

1. buka printer HP anda ...

2. bersihkan bar encodernya dan encoder sebelah kiri yang berbentuk lingkaran ( kadang ada yg menyebut timing disk

3. bersihkan dengan lembut jangan sampai tulisan / baris kodenya hilang.

4. Selesai ...





Encoder adalah penerjemah program ke gerakan motor printer, jadi kalau kotor atau ketutup cipratan tinta atau kena minyak, biasanya akan menyebabkan printer seperti kondisi diatas.

OK demikian, semoga manfaat ........

Memasang Infus Printer Canon IP1980

Berikut cara memasang infus pada Canon iP1980 :

Peralatan yg dibutuhkan :
1. Printer Canon IP 1980
2. Tabung infus / CISS (Continuous Ink Supply System)
3. Lakban / Isolasi.



OK langsung kita mulai Memasang Infus Printer Canon IP1980 :

1. Lepas stiker yang menempel pada catridge,

2. Buat lubang kecil yang harus sesuai dengan ukuran karet selang infus dengan bor/ cutter/ solder pada catridge seperti di gambar ini.

3. Khusus yang catrid warna tes dengan tissue untuk mengetahui lubang tinta Merah, biru dan kuning, atau lihat gambar.



4. Pasang selang infusnya pada lubang yang anda buat tadi sesuai dengan warna tinta. Sebelumnya biarkan tinta mengalir sampai ujung selang kemudian baru di pasang ke catrid

5. Kemudian pasang catridge nya pada printer

6. Pasang dan tempelkan plastik kecil segiempat atau lem (yg penting nempel kuat) untuk mengatur posisi selang tinta pada pada catridge hitam agar saat printer di hidupkan selang infusnya berjalan lancar jalan seperti pada gambar ini.



7. Atur selang sehingga tidak nyangkut ke body printer biasanya di tengah dilakban dengan body depan printer.

Ok selamat mencoba, Anda bisa berkreasi lain, tidak harus sama seperti ini, yang penting selang infus lancar gerakannya dan tidak nyangkut ke body printer, karena kalau nyangkut printer akan berhenti dan ada peringatan error 5100.

ekohasan.blogspot.com

Service Printer Reset Brother DCP-150C Error 46

Indikasi kerusakan Printer Brother DCP-150C :
1. Ketika dinyalakan, Head tidak mau bergerak sama sekali.
2. Led ! warna merah nyala blink
3. Led hijau gambar kamera pada tombol "Photo capture" juga Blink.
4. di layar LCD kecil muncul tulisan "Unable to Clean error 46"
5. Printer tidak bisa digunakan sama sekali baik print maupun scan.

Jika Printer anda mengalami hal di atas, berarti Printer DCP-150C anda : PURGE INK COUNTER-nya (Penghitung Cleaning Head) sudah FULL dan perlu direset. Berarti printer Brother DCP-150C ini sama dengan Canon dan Epson yang butuh direset jika Waste Ink Counternya sudah penuh.

Berikut  menjelaskan tentang :
Cara Service Printer Brother DCP-150C Error 46 :
Cara Reset Printer Brother DCP-150C Error 46 :

1. Dalam keadaan LCD muncul tulisan "Unable to Clean error"

2. Tekan tombol OK, Menu, Mono(Start) secara berurutan atau Menu, Mono(Start), Menu secara berurutan, sampai di LCD tampil tulisan "Machine Error 46"

3. Tekan panah atas sampai muncul angka 8 kemudian tekan OK

4. Tekan panah atas sampai muncul angka 0 kemudian tekan OK

5. Maka akan muncul "0:0 ....OK"

6. Tekan tombol MONO(start) kira-kira 25x sampai muncul tulisan "PURGE XXXXX". xxxx
adalah angka yang menunjukkan berapa kali printer anda melakukan CLEANING.

7. Tekan panah atas sampai muncul angka 2 kemudian tekan OK

8. Tekan panah atas sampai muncul angka 7 kemudian tekan OK

9. Tekan panah atas sampai muncul angka 8 kemudian tekan OK

10. Tekan panah atas sampai muncul angka 3 kemudian tekan OK

11. Langkah 7-10 digunakan untuk mereset PURGE INK COUNTER, dan setelah anda selesai di langkah 10, maka di LCD akan muncul "PURGE 00000". Ini menunjukkan bahwa anda telah berhasil mereset printer brother DCP-150C anda.

12. Tekan tombol STOP, dan CABUT kabel powernya.

13. Pasang kembali kabel Powernya dan coba Nyalakan, dan di LCD akan tampil "100% Normal", berarti printer anda sudah siap untuk digunakan kembali.

Untuk download drivernya di sini

Selamat Mencoba. Oya, mungkin cara ini juga berlaku untuk DCP-110C dan seri lainnya yg setipe.

ekohasan.blogspot.com

Pasang Infus Canon iP2770

Cara Pasang Infus Canon iP2770 :

1. Siapkan alat infusnya berikut selang dan seperangkatnya.

2. lubangi catrid hitam, sesuaikan dengan gambar. Lubang harus pas tidak boleh longgar.

3. Langkah ini yang membedakan antara IP2770 dengan infus canon yg model dibawahnya.
Catrid warna juga dilubangi, untuk warna biru dan kuning sama seperti infus canon dulu. Sedangkan untuk warna merah lubang agak sedikit di geser ke kiri sekitar 3mm. Kemudian tutup pengunci catrid warna agak dibuat rongga sedikit untuk tempat selang warna merah. Karena kalau nggak dibuat seperti itu maka Catrid tidak akan terdeteksi karena kuncian catrid tidak sempurna.

Lebih jelasnya lihat gambar.




4. Kemudian pasang kedua catridnya dan khusus catrid warna depannya diganjal dengan tissu / kertas agar catrid menempel sempurna di rumah catrid. Kalau catrid tidak terpasang sempurna di rumah catrid (karena longgar) maka printer akan blink 5x orange 1x hijau. Jika terjadi blinking ini benahi lagi letak catridnya.



5. Atur selang tinta sesuaikan dengan gambar. Lihat bagian yang di lakban.





6. Selesai tinggal nyoba.......

Selamat mencoba ....

ekohasan.blogspot.com

Service Canon iP1700 Blink 3x orange 1x hijau

Berikut cara service canon iP1700 blink 3x orange 1x hijau:

1. Bongkar printernya .... dengan membuka 2 sekrup didepan 4 kait kanan kiri dan 3 kait belakang printer.


2. Cek dan bersihkan daerah penarik kertasnya dan roll penggulung kertasnya. Biasanya banyak kotoran (potongan kertas, kerikil, bahkan kadang koin logam)yang nyangkut.

3. Pada kasus kang Eko kali ini, ada potongan kertas yg nyangkut antara roll penggulung kertas dan roll karet penarik kertas yg sering patah.
Kertas ini nggak mau lewat karena tersangkut di roll penggulung kertas, sehingga menyebabkan pengait sensor kertas tidak bekerja dan akibatnya printer blink 3x orange 1x hijau.



4. Kertas potongan tadi saya ambil dan .....

5 Selesai, printer siap digunakan kembali.....

Selamat mencoba .....

ekohasan.blogspot.com

Service Epson C90, T11, T20 Bunyi Keras

Indikasi Kerusakan :
Ketika printer epson C90, T11, T20 dinyalakan, kelihatannya normal. Tapi ketika dipakai untuk ngeprint baru ketahuan kalau ada bunyi keras banget seperti gear yang kesangkut sesuatu dan kertas tidak mau narik. Kalaupun narik kertas, pasti kertasnya miring. Kadang kalau lebih parah ketika printer epson dinyalakan langsung blink. disertai bunyi keras. Grreeeeekkkk..........

Cara Service Epson C90, T11, T20 Bunyi Keras :

1. Bongkar printer Epson C90, T11, T20...

2. Lihat bagian ASFnya (penarik kertas).

3. Setelah diamati ternyata ada AS gear yang patah sehingga menyebabkan putaran gear tidak sempurna. Akibatnya gear macet dan printer ngeblink.




4. Kalau bisa anda akali dengan mengganti ASnya di akali aja.

5. Kalau sudah nggak bisa diakali, mending diganti 1 set ASFnya.

Bagian AS di ASF ini memang sering banget patah / rusak, karena bahannya terbuat dari plastik, apalagi kalau frekuensi pemakaian tinggi, tentunya akan cepat panas dan menyebabkan plastik mudah patah / rusak.

OK demikian ulasan tentang printer Epson C90, T11, T20 yang bunyi keras dan blink dan juga tidak bisa narik kertas. Mungkin ini tidak hanya untuk printer C90, T11, T20, tapi bisa terjadi di printer Epson lainnya karena biasanya desainnya hampir sama.

OK selamat mencoba ......


Reset Canon Pixma iP1000

Printer canon iP1000 perlu direset bila terjadi :
Green orange berkedip bergantian

Berikut langkah-langkah Reset iP1000 :

1. Driver harus sudah di install. Jika belum punya drivernya klik disini.
2. Printer harus dalam keadaan service mode (temporary reset) .

Untuk mengaktifkan service mode:

* Cabut kabel power listrik
* Tekan power (di printer)
* Colokan power listrik (lampu akan berwarna hijau)
* Sambil menekan power tekan tombol resume (lampu berubah orange)
* Lepas keduanya (printer akan mati)
* Tekan tombol power lagi dan langsung lepaskan.(lampu akan berwarna hijau) (jangan mencabut power listrik)

3. Jalankan Resetter iP1000 dengan dobel klik screen.exe Jika belum punya, download di sini.
4. Ikuti gambar berikut ini .....


5. Cabut power listrik, colokan kembali dan nyalakan (printer initial/tunggu sampai lampu tdk berkedip. Selesai. 

Servis HP3920, D1360, D2466 Lampu Blink

.Cara Servis HP3920, D1360, D2466 Lampu Blink :

1. Bongkar printer dengan membuka ke empat sekrupnya.

2. Cek bagian bar encodernya. Encoder adalah penerjemah program ke gerakan motor printer. Biasanya bar encoder ini kotor kena cipratan tinta. encoder ini bentuk seperti pita plastik bening dan ada garis2x kodenya...

3. Bersihkan encodernya dengan tisu basah. "Awas" jangan sampai garis2x yang ada di encoder hilang.





4. Coba printer anda. Kalau masih sama, berarti encoder harus diganti....

O...Yaaa sebenarnya masalah printer ini tidak hanya terjadi di HP3920, D1360, D2466, tapi hampir semua HP type deskjet bisa mengalami trouble ini.

Selamat Mencoba ....

Service Epson T20E Mati Total

Mungkin Anda sering menjumpai kasus Epson Mati Total, tidak hanya T20E tapi Mati Total ini bisa terjadi di Epson type lainnya, misalkan T11, C90, C65, dll.
Jika printer dinyalakan tidak bereaksi sama sekali dan mati total.

OK langsung saja tidak usah basa-basi, berikut ini :

Cara Service Epson T20E Mati Total :

1. Bongkar printer dan ambil boardnya.

2. Cek keluaran power suplynya, kalau normal harus keluar tegangan 43-45vdc. cara cek tegangan


3. Kalau power suplynya normal, anda lanjutkan langkah berikutnya yaitu cek diodanya, seperti yang saya tunjukkan pada gambar.




4. Jika Diodanya short / konslet, berarti inilah sumber masalahnya.
Dengan konsletnya dioda ini menyebabkan listrik dari power suply yg 43-45vdc ini menjadi ngeground atau konslet, sehingga kelihatan mati total.
Kebanyakan orang mengira power suplynya yang rusak padahal cuma dioda yg ada di mainboard printer T20E ini.

5. Ganti dengan dioda biasa 1-2 Ampere, jika anda kesulitan mencari dioda yg sejenis.

6. Selesai, tinggal mencoba ....

Ingat....!! kasus mati total printer epson ini tidak hanya terjadi pada T20E saja, tapi bisa terjadi pada T11, C90, C65, bahkan mungkin printer TX101,TX111, dll.

Selamat berkarya dan semoga berhasil.......

Service As ASF Epson C90, T20, T11 yang Patah

Cara Service As ASF Epson C90, T20, T11 yang Patah :

1. Bongkar Printer Epson C90, T20, T11 anda dan ambil ASF yang patah di ASnya.

2. Siapkan alat-alatnya, antara lain :

- Tissue basah yg sudah dikeringkan. Karena tissue basah seratnya bagus.
- Klip kertas : untuk pengganti AS.
- Lem Alteco yang botolan, bisa anda beli di toko bangunan.
- Cutter : untuk menghaluskan AS buatan.

3. Luruskan klip kertas, kemudian panaskan di atas kompor.

4. Setelah panas klip kertasnya, masukkan secara hati2x ke bagian AS ASF yang patah sampai kedalaman maksimal tapi jangan sampai tembus ujung plastik.

5. Samakan ukuran panjang klip dengan AS aslinya, agar tidak terlalu kecil, tekuk klipnya sehingga AS buatan menjadi besar diameternya. Lihat gambar ...



6. Bungkus klip kertas yg sudah dimasukkan ke bagian AS tadi dengan tissue basah yg sudah kering, dan buat kira2x seukuran AS aslinya. Atau lebih besar diameternya gak papa yg penting bisa masuk lubang AS di atas pompa tinta.

7. Teteskan lem alteco di atas tissue pembungkus tadi. Tunggu beberapa saat hingga kering dan mengeras.



8. Setelah itu gunakan Cutter untuk menghaluskan tissue yg sudah kering bentuk seperti AS ASF aslinya.

9. Selesai ....

Selamat Mencoba ...

ekohasan.blogspot.com

Service Printer Epson T11 Hasil Print Ngeblok

Indikasi kerusakan :
Printer epson T11 ini kalau dibuat ngeprint hasilnya bukan tulisan tapi ada beberapa baris yg berubah menjadi blok warna warni dan tulisannya hilang .....



Cara Service Printer Epson T11 Hasil Print Ngeblok :

Bongkar Printer Epson T11 anda dengan membuka 2 sekrup dibelakang, 3 kait didepan, 1 kait dikanan kiri dan 3 kait dibelakang printer.

Kerusakan ngeblok warna warni di atas disebabkan oleh kabel data yg rusak atau putus tapi putusnya nggak kasat mata. Jadi kalau ada kerusakan seperti diatas ganti aja kabel data headnya ...

Ambil kabel Headnya, berikut urutan gambarnya :



1. Lepas sabuk karet headnya
2. Lepas pengunci sabuk karet head
3. Lepas Sekrupnya
4. Lepas Sekrupnya
5. Lepas Sekrupnya
6. Lepas Sekrupnya
7. Lepas Sekrupnya
8. Ambil Motornya dengan melepas kedua sekrupnya.
9. Ambil head printernya dengan menariknya ke samping kanan kita.

Kemudian ambil kabel data headnya :






1. Cabut kabel head dari board printer
2. Cabut kabel dari head printer.

Kemudian Ganti Kabel datanya dengan yg baru atau yg masih OK.

OK... selamat mencoba....

Oyaa .... kerusakan ini tidak hanya terjadi pada T11 tapi bisa terjadi pada printer epson lainnya.....

ekohasan.blogspot.com

10 comments:

  1. mksih mas..
    posting halaman ini membantu saya..
    kapan2 aku kunjung lg untuk blajar..
    salam kenal..

    ReplyDelete
  2. gan ane punya printer epson t13.. waktu ane nyalain lampu merahnya juga langsung nyala.. knapa ya gan.. mohon pencerahan

    ReplyDelete
  3. kalau mp 145 jadi matot kenapa ya? kejadian setelah di reset nih, mohon bantuannya

    ReplyDelete
  4. untuk masalah yang kemungkinan ke 3 "jika saat ditisu cartridge mengeluarkan tinta dengan sempurna,
    tapi saat digunakan untuk mencetak di layar monitor mengeluarkan pesan
    error atau muncul blingking pada lampu printer dan printer tidak bisa
    mencetak"

    cara ngatasinya gimana tuh? soalnya printer aku belum cukup 2 bulan udah ngagetin aku nih,,, tolong bantuannya yah :)

    ReplyDelete
  5. Mas epson t11 saya ada masalah ketika ngeprint kertas masuk dan langsung keluar lagi ngak mau ngeprint, setelah 3 x berturut2 kertas ngelos baru kertas yg ke 4 mau ngeprint, & saat ini makin parah seolah olah kertas cuma lewat saja

    ReplyDelete
  6. Mas epson t11 saya ada masalah ketika ngeprint kertas masuk dan langsung keluar lagi ngak mau ngeprint, setelah 3 x berturut2 kertas ngelos baru kertas yg ke 4 mau ngeprint, & saat ini makin parah seolah olah kertas cuma lewat saja

    ReplyDelete
  7. gan, epson T13, lampu merah punya ane justru gak nyala, mohon bantuanya .

    ReplyDelete
  8. good share min,...
    maen k blog ane jg ya...
    http://infonewall.blogspot.com
    http://blognyapedagang.blogspot.com
    http://lyric46.blogspot.com
    http://lintasmasakan.blogspot.com

    matur nuwun,...min

    ReplyDelete
  9. Ane boleh nanya gan, ane punya printer epson t1100, kmaren habis print full page photo, kertasnya malah ngelipat, akhirnya nyangkut, ane coba tarik. Eh malah sekarang head sama katridnya gak ♏åû gerak malah ada suara gerrrrrr, kayak ada yang ngeganjel hednya. Pas di nyalain lampu tinta sama lampu kertas nyala bersamaan, menurut agan, apa yang rusak??

    ReplyDelete
  10. suprapto porong
    terima kasih atas ilmunya moga2 jadi ilmu manfaat, amiin

    ReplyDelete

Nanoproxy Mail